arief basari

Malas Ngantor..????


Banyak yang bilang itu adalah hal biasa..

Mengapa keadaan ini dijadikan sebagai sebuah keadaan yang lumrah, dan seolah dianggap sebagai sebuah pembenaran. Saat ini kondisi lingkungan kerja tentunya memegang peranan penting terhadap baik buruknya kualitas hasil kinerja. Bila lingkungan kerja cukup nyaman dan komunikasi antar anggota tim berjalan lancar, maka bisa dipastikan performa yang dihasilkan pun tentu akan maksimal. Namun sebaliknya, apabila lingkungan kerja dipenuhi dengan kekacauan, trik dan intrik serta diwarnai dengan persaingan yang tidak sehat antar anggota team, atau hanya profit orientied saja bagi sebagian individu berkuasa maka yang tercipta adalah kejenuhan dari para pegawai yang pada akhirnya akan menurunkan motivasi kerja dan akan menimbulkan sikap apatis.

Menciptakan lingkungan kerja produktif, nyaman bagi pegawainya memang tidaklah mudah. Butuh kontribusi langsung dari setiap pegawai dari semua lini dan level, agar suasana kerja yang nyaman dan menyenangkan bisa tercipta dengan sendirinya. Hal ini perlu diperhatikan bagi para pimpinan, mengingat kondisi lingkungan kerja yang kondusif akan mendorong tiap anggota di dalamnya untuk menyelesaikan tugas mereka dengan baik.

Pimpinan tidak boleh menjadi orang yang arogan dan tidak peduli terhadap bawahan dan pekerjaan bawahan. Pemimpin harus mampu menjadikan kantor sebagai sebuah rumah yang nyaman dan mampu memjadi Bapak yang menjadi panutan bagi bawahannya. Tidak cukup dengan bersikap tegas, taat aturan atau dengan acuh-tak acuh saja, namun sebaliknya keharmonisan harus diciptakan, silaturahmi dan pertemanan harus diperkuat.

Adanya support atau dukungan yang positif dari pihak Pimpinann. Selain hubungan antar lini dengan kondisi ruang kerja yang nyaman, dibutuhkan pula dukungan penuh dari pihak Pimpinan Kantor. Tak bisa dipungkiri, komunikasi merupakan jembatan untuk para karyawan dalam membangun sebuah kerjasama yang kokoh dengan dukungan dan motivasi yang baik pula.

Pola Kepemimpinan sangat mencerminkan model kepemimpinan yang diterapkan dalam mengelola sebuah kantor. Ada sekelompok pemimpin menerapkan praktek kepemimpinan yang berorientasi pada penyelesaian tugas (task oriented). Pada golongan pemimpin ini, aspek-aspek individual karyawan kurang mendapat perhatian. Pola ini menekankan, apapun yang dilakukan pegawai dan bagaimanapun kondisi yang terjadi pada pegawai tidak menjadi masalah. Asalkan tugas-tugas dapat diselesaikan. Pola-pola kepemimpiman demikian dapat berpengaruh pada penciptaan lingkungan kerja yang kurang baik bagi karyawan. Akibatnya ada perasaan tertekan pada pegawai. Lingkungan kerja yang tercipta penuh ketakutan mengarah ke frustasi. Jika ini berlangsung lama, maka yang terjadi adalah tingkat absensi karyawan tinggi, permintaan pindah antar unit kerja, bahkan puncaknya adalah permintaan keluar dari perusahaan dan pindah ke perusahaan yang lain.

Pada pemimpin lainnya yang menerapkan pola kepemimpinan yang berorientasi pada manusia (human oriented). Pemimpin ini memusatkan perhatiannya pada kegiatan dan masalah kemanusiaan yang dihadapi, baik bagi dirinya maupun bagi pegawai. Pemimpin pada golongan ini lebih populis dan terkenal dibandingkan dengan pola yang kepemimpinan diatas, karena dipandang lebih memperhatikan masalah-masalah riil dan nyata yang dihadapi oleh pegawai. Mulai dari masalah anak sakit sampai dengan kondisi yang terjadi pada keluarga. Dari masalah stamina , kesehatan sampai dengan nonton film. Akibatnya, lingkungan kerja dapat mengarah pada budaya gosip, tetapi mengesampingkan penyelesaian tugas dan standar kinerja.

Melihat pada pola yang ekstrim, kedua orientasi kepemimpinan di atas tidak ada yang efektif dalam mengelola pegawai. Dengan kemampuan meramu dan menggabungkan keduanya, dalam banyak hal terbukti lebih efektif dalam menciptakan lingkungan kerja yang kondusif bagi peningkatan kinerja pegawai.






Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. basari.news - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger