arief basari

Bersin di Pagi Hari


 Bersin-bersin tidak bisa dianggap hal yang biasa saja. Apabila telah sering dan mengganggu aktifitas sehari-hari, maka sebaiknya perlu diketahui penyebab terjadinya hal tersebut. Bersin seringkali terjadi di pagi hari yang bisa jadi merupakan kejadian yang biasa dialami oleh penderita alergi dan terjadi selama beberapa menit setelah bangun tidur. Penderita alergi di hidung sering mengalami bersin-bersin, terutama jika pada saat tidur orang tersebut terpapar alergi.


Bersin yang disebabkan oleh Rinitis Alergi, tidak dapat dianggap remeh begitu saja. Sebagai komplikasi dari Rinitis Alergi yang berupa Asma Bronkial, dimana terdapat kerusakan keadaan epitel dari saluran pernapasan akibat dari reaksi peradangan berkepanjangan. Kondisi ini sering disertai dengan pilek, hidung gatal, mata sembam, berair dan hidung yang memerah. Tetapi jarang ditemui gejala ini berlangsung sampai siang atau bahkan sepanjang hari.

Rinitis diartikan sebagai peradangan membran hidung yang ditandai dengan gejala kompleks yang terdiri dari kombinasi beberapa gejala berikut : bersin, hidung tersumbat, hidung gatal dan rinore (sekret hidung). Mata, telinga, sinus dan tenggorokan juga dapat terlibat. Atau dalam kata lain bahwa bersin adalah “Kelainan pada hidung dengan gejala bersin-bersin, rinore, rasa gatal dan tersumbat setelah mukosa hidung terpapar alergen yang diperantarai oleh IgE” (WHO)

Menurut sifat berlangsungnya bersin dapat dibagi menjadi 2 yaitu :
  1. Intermiten (kadang-kadang) : bila gejala kurang dari 4 hari/minggu atau kurang dari 4 minggu
  2. Persisten/menetap bila gejala lebih dari 4 hari/minggu dan atau lebih dari 4 minggu
Sedangkan menurut tingkat berat ringannya bersin, rinitis alergi dibagi menjadi :
  1. Ringan, bila tidak ditemukan pada gangguan tidur, gangguan pada aktifitas sehari-hari, bersantai, berolahraga, belajar, bekerja dan hal-hal lain yang dapat mengganggu
  2. Sedang atau berat bila terdapat satu atau lebih dari gangguan tersebut diatas
Ada beberapa penyebab mengapa seseorang sering bersin-bersin di pagi hari, yaitu:
  1. Orang yang memang sudah memiliki alergi sebelumnya, seperti karena terpapar debu dalam rumah, serbuk sari, udara dingin, tungau, bulu binatang atau udara kotor yang terhidup pada saat tidur.
  2. Bentuk reaksi tubuh yang normal, karena selama tidur suhu tubuh seseorang akan turun.
  3. Pada saat bangun tubuh berusaha mengeluarkan debu yang terkumpul sehingga tejadilah bersin
  4. Tubuh sensitif terhadap udara dingin pagi hari atau saat seseorang baru selesai mandi.
Seseorang perlu mengetahui dulu apa sebabnya ia sering bersin-bersin dipagi hari, setelah itu baru bisa menentukan terapi atau cara pengobatannya. Saya sendiri sering bersin-bersin ketika bangun tidur di pagi hari. Penyebabnya mungkin alergi terhadap udara dingin dan juga debu.

Sebelum bersin, alergen (penyebab alergi) akan kontak dengan lapisan hidung yang memicu reaksi kimia rumit pada sistem imun tubuh. Reaksi kimia akan menimbulkan proses alergi yang salah satunya adalah gatal pada hidung yang menjadi penyebab bersin.

Dengan demikian, orang yang sering bersin-bersin pada pagi hari, padahal tidak mempunyai riwayat alergi terhadap udara dingin, sesungguhnya dapata dicegah dengan mengoptimalkan asupan gizi yang baik dengan mengkonsumsi berbagai makanan bergizi serta dilengkapi dengan buah-buahan yang banyak mengandung vitamin C.
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. basari.news - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger